DA CAREERS, 23 Desember 2017 - Melalui kementerian
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan-RB) pada
pertengahan bulan Juli 2017 lalu, telah di umumkan akan di adakan lowongan Calon
Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengisi jabatan di Mahkamah Agung (MA) dan
Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), sebanyak 19.210 lowongan CPNS.
Pembagian tersebut di antaranya MA 1,684 lowongan dan 17.962 Kemenkumham.
Hari Ini Sabtu, 23 Desember 2017, pembukaan lowongan CPNS tersebut dimulai, dan
tentunya ini merupakan kabar yang di nanti-nanti bagi para pencari pekerjaan. Untuk
sahabat transkerja yang berminat melamar kerja pada lowongan kerja CPNS
Kemenkumham dan MA hari ini. Berikut ini, adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan
saat mendaftar lowongan CPNS.
#1. Pendaftaran online
- Bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri pada lowongan kerja CPNS Kemenkumham dan MA hari ini, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mendaftar terlebih dahulu via situs online yang telah disediakan yakni pada https://sscn.bkn.go.id.
- Sebelum melakukan registrasi lowongan kerja CPNS kemenkumham dan ma hari ini, pastikan Anda telah menyiapkan terlebih dahulu Kartu Tanda Penduduk (KTP ) dan Kartu Keluarga (KK). Kemudian isikan Nomor Induk Kependudukan yang tertera pada kedua kartu tersebut.
- Pendaftaran online ini ditutup pada 26 Agustus 2017, sehingga Anda harus benar-benar melakukan persiapan dengan baik dan jangan sampai terlupa.
#2. Username dan Password
- Setelah sukses registrasi online, para peserta akan mendapatkan username dan 1/3 passoword yang harus disimpan baik-baik untuk bisa ikut seleksi CPNS.
#3. Kartu pendaftaran registrasi online
- Tak hanya username dan password, peserta juga akan mendapatkan kartu registrasi online yang nantinya harus dicetak dan disertakan dengan dokumen lainnya
#4. Dokumen yang perlu disiapkan untuk pelamar Mahkamah Agung
Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan saat mengikuti seleksi CPNS Mahakamah Agung ialah:
- a. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di materai Rp 6.000 serta ditujukan ke Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia.
- b. Fotokopi KTP
- c. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi
- d. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT khusus untuk pelamar umum dan pelamar Papua, Papua Barat, disertakan surat keterangan atau bukti lain yang menunjukkan program studi pelamar terakreditasi minimal B.
- e. Untuk pelamar dengan IPK cumlaude, dilampirkan surat keterangan yang menunjukkan perguruan tinggi negeri atau swasta terakreditasi A.
- f. Pas foto terbaru ukuran 4 cm x 6 cm sebanyak empat lembar dengan latar belakang merah dan menuliskan nomor registrasi online dan nama pelamar di belakang foto tersebut.
- g. Dokumen-dokumen tersebut dimasukan ke dalam amplop berwarna cokelat dan menempekan nomor pendaftaran registrasi online dibagian sudut kanan atas amplop
#5. Dokumen dikirim
- Setelah seluruh berkas terpenuhi, selanjutnya amplop tersebut dikirimkan ke Panitia Seleksi Penerimaan Calon Hakim Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2017 melalui Pos dengan PO BOX 2700 Jakarta 10027 paling telat 26 Agustus 2017 dan selambatnya diterima 31 Agustus 2017.
#6. Tahapan seleksi
Nah setelah selesai mengirimkan berkas-berkas yang diminta, kini giliran kamu menunggu pengumuman lolos administrasi agar bisa melanjutkan ke tahap seleksi CPNS selanjutnya.
- - Seleksi administrasi digelar pada tanggal 2-31 Agustus 2017, pengumuman hasil seleksi administrasi dan jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) serta seleksi kompetensi bidang (SKB) diberitahukan pada tanggal 5 September 2017.
- - Seleksi SKD dan SKB dilaksanakan pada 18-22 September 2017, dan pengumuman seleksi SKD dan SKB pada 28 September 2017.
- - Tes materi bidang hukum dengan CAT BKN atau yang berarti Computer Assisted Test (CAT). Ujian CAT berlangsung di 30 lokasi dan pelamar dapat memilih lokasi terdekat yang akan dilaksanakan pada 4-7 Oktober 2017).
- - Lalu pelaksanaan psikotes, wawancara, dan lain-lain pada 16-21 Oktober 2017. - Pengumuman kelulusan akhir pada 31 Oktober 2017.
#7. Kemenkumham
- Bagi kalian yang berminat melamar CPNS Kemenkumham terbagi dalam dua jenis dan alurnya juga tak jauh berbeda dengan pelamar Mahkamah Agung yakni diharuskan melakukan registrasi dan mencetak bukti pendaftaran.
- Bagi pelamar SLTA dan D III diharuskan mengetik surat lamaran dengan materai Rp 6000.
- #8. Dokumen untuk pelamar Kemenkumham
- Format surat lamaran bagi para pelamar Kemenkumham telah tersedia pada website resmi https://sscn.bkn.go.id.
- - Fotokopi KTP
- - Fotokopi ijazah/STTB
- - Fotokopi ijazah SD
- - Ijazah SLTP dan ijazah SLTA
- - Surat pernyataan bermaterai Rp 6. 000
- - Pas foto 3×4 sebanyak 4 lembar
0 komentar
Post a Comment